PEMBELAJARAN DARING DILAKUKAN DENGAN ZOOM MEET SISWA GURU DINAS PENDIDIKAN



DAMPAK pandemi Virus Corona kini mulai sudah merambah ke dunia pendidikan. Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan meluasnya penularan Virus Corona (Covid-19).

Diharapkan seluruh lembaga pendidikan tidak melaksanakan aktivitas seperti biasanya. Hal itu dapat meminimalisir penyebaran penyakit Covid-19 ini. Hal serupa juga sudah dilakukan sudah dilakukan beberapa begara yang terpapar penyakit Covid-19 ini.

Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay dalam sebuah pernyataan menegaskan, UNESCO bersama setiap negara-negara bekerja sama untuk memastikan kesinambungan dalam pembelajaran bagi semua, terutama anak-anak dan remaja yang kurang beruntung dan cenderung paling terpukul oleh penutupan sekolah.

Pandemi corona ini memang sebuah ujian yang berat bagi seluruh bangsa, menguji kemampuan semua bangsa untuk dapat mengambil hikmah dengan terus berupaya dan berikhtiar mencari solusi pada setiap masalah yang ada.

UNESCO menyebutkan  bahwa pandemi Covid-19 mengancam 577.305.660 pelajar dari pendidikan pra-sekolah dasar hingga menengah atas dan 86.034.287 pelajar dari pendidikan tinggi di seluruh dunia. Seperti kebijakan yang diambil berbagai negara yang terdampak penyakit Covid-19, termasuk Indonesia yang meliburkan seluruh aktivitas pendidikan.

Hal tersebut membuat pemerintah dan lembaga terkait menghadirkan alternatif proses pendidikan bagi peserta didik dengan belajar mengajar jarak jauh atau belajar online atau belajar dari rumah dengan pendampingan orang tua.

Pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan, baik pengaruh yang positif maupun pengaruh yang negatif. Hal itu terjadi karena di dalam proses pembelajaran jarak jauh tidak hanya melibatkan tenaga pendidik dan peserta didik, tetapi orang tua juga harus ikut andil di dalam proses  pembelajaran tersebut.

Dampak positif dari adanya pembelajaran jarak jauh yaitu dapat menambah wawasan tenaga pendidik, peserta didik dan orang tua dalam menggunakan alat teknologi informasi. Pembelajaran jarak jauh juga dapat menjadikan tenaga pendidik dan peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Plt Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar dalam sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id mengatakan, dalam proses pembelajaran di rumah, seharusnya guru dan orang tua diharapkan dapat mewujudkan pendidikan yang bermakna, tidak hanya berfokus pada capaian akademik atau kognitif.

Menurut Praptono, kurangnya persiapan guru dalam menghadapi sistem pembelajaran daring (online) menjadi salah satu faktor hambatan dalam pembelajaran di rumah. Namun, ia mengakui hal ini bisa menjadi peluang bagi guru untuk mengembangkan diri.

Untuk mewujudkan tercapainya kegiatan Belajar Dari Rumah perlu adanya Media pendukungnya salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pembelajaran yang tepat dan efektif agar kegiatan pembelajaran lebih inovatif dan interaksi antara guru dengan siswa berjalan baik dan menarik sehingga diharapkan hasil belajar siswa juga meningkat.

Kenyataan di lapangan seperti di sekolah kami, SD N Karangdawa Kecamatan Warungpring, dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh di kelas V masih menggunakan aplikasi chat WhatsApp Group (WAG) dan ternyata penggunaan chat WAG masih kurang menarik untuk kelancaran pembelajaran. Interaksi dan antusiasme siswa dinilai masih rendah sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa.

Oleh karena itu, kami mencoba terobosan baru dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh atau BDR.

Aplikasi Zoom Meeting
Zoom Meeting merupakan sebuah aplikasi video converence yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat ( Zoom Video Communications, Inc ). yang dapat sobat gunakan pada perangkat komputer, smartphone sampai sistem ruang. Aplikasi Zoom Meeting ini tersedia dalam empat pilihan ( Basic / Gratis, Pro, Business dan Enterprices ).Secara garis besar fungsi Zoom Meeting adalah untuk komunikasi dengan menggunakan video dan audio melalui jaringan internet. Aplikasi ini sangat berguna untuk proses belajar mengajar secara online serta rapat-rapat penting perusahaan tanpa perlu kita bertatap muka langsung.

Dari beberapa fitur yang ditawarkan, zoom meeting dapat dijadikan alternatif untuk kegiatan pembelajaran, bersosialisasi dengan teman-teman, karena penggunaannya yang relatif mudah dan dapat diaskes kapan dan dimana saja dengan harapan kegiatan pembelajaran daring dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal.

Melalui zoom meeting kegiatan pembelajaran dapat memberikan pengalaman lebih bagi peserta didik dimana peserta didik bisa berinteraksi secara langsung, siswa bisa melakukan tanya jawab, diskusi dan presentasi tentang masalah pembelajaran yang dihadapi.